Pesan Moral Pendidikan dalam Al-Qur’an

Kajian Profetik Al-Qur’an: Telaah Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa dalam Surat Al-Kahfi

Authors

  • Ummu Hanifah IIQ Jakarta
  • Putri Miftahul Khoir IIQ Jakarta
  • Ade Naelul Huda IIQ Jakarta
  • Muhammad Adjieb Fadhil IIQ Jakarta
  • Rahmat Munadhir IIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.62109/ijiat.v4i2.43

Keywords:

Al-Qur'an, Moral, Profetik, Surat Al-Kahfi

Abstract

Diantara metode Al-Qur'an dalam menyampaikan pesan dan naschat adalah melalui kisah. Metode ini sangat menyentuh hati untuk menjadi sarana menumbuhkan dan menguatkan keimanan kepada Allah Swt. Bahkan metode dengan kisah ini mendominasi al-Qur'an karena juga merupakan cara yang paling disenangi orang, mempesona dan paling mengena serta mudah diterima oleh orang lain. Al-Qur'an menyebut banyak kisah, baik bekenaan dengan napak tilas perjuangan para Nabi dan Rasul. Degradasi moral sebagai isu yang berkelanjutan sejak zaman dahulu sampai dengan sekarang menjadi salah satu tugas utama kita semua. Peneliti mengkaji kisah Nabi Musa dan Nabi Khaidir. dengan menggunakan kajian profetik yang digagas oleh Kuntowijoyo, yaitu kajian yang mengacu pada tiga pilar utama: humanisasi (ta 'muruna bil ma'ruf), liberasi (tanhauna anil munkar) dan trasendensi (tu'minuna billah). Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan metode kualitatif desrkriptif dengan sumber data dalam surah Maryam. Salah satu kisah penting dalam al-Qur'an yang membahas tentang pendidikan profetik adalah kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa yang terdapat dalam Surah al-Kahfi. Dalam kisah tersebut, Nabi Musa mencari Khidir untuk belajar tentang kebijaksanaan dan keadilan, namun serangkaian peristiwa yang dihadapi oleh Nabi Musa mengajarkan bahwa kebijaksanaan dan keadilan memiliki dimensi yang lebih dalam. Dalam konteks pendidikan, pesan moral pendidikan profetik dalam al-Qur'an menegaskan bahwa pendidikan harus memperhatikan aspek moral dan spiritual, dan mengajarkan murid untuk memiliki karakter yang baik dan etis.

Abstract

Among the Qur'anic methods of conveying messages and naschat is through stories. This method is very touching to be a means of growing and strengthening faith in Allah SWT. Even the method with this story dominates the Qur'an because it is also the way that people like the most, fascinate and most familiar and easily accepted by others. The Qur'an mentions many stories, both related to the tracing of the struggles of the Prophets and Messengers. Moral degradation as an ongoing issue from ancient times until now is one of the main tasks of all of us. Researchers examined the story of Prophet Moses and Prophet Khaidir. by using prophetic studies initiated by Kuntowijoyo, namely studies that refer to three main pillars: humanization (ta' muruna bil ma'ruf), liberation (tanhauna anil munkar) and trasendensi (tu'minuna billah). This type of research is library research with descriptive qualitative methods with data sources in surah Maryam. One of the important stories in the Qur'an that discusses prophetic education is the story of Prophet Khidir and Prophet Moses contained in Surah al-Kahf. In the story, Moses sought out Khidir to learn about wisdom and justice, but the series of events faced by Moses taught that wisdom and justice have a deeper dimension. In the context of education, the moral message of prophetic education in the Qur'an affirms that education should pay attention to moral and spiritual aspects, and teach students to have good and ethical character.

References

Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. Prophetic Psychology: Psikologi Kenabian Menghidupkan Potensi dan Kepribadian Kenabian dalam diri. Yogyakarta: Pustaka Al Furqon, 2007.

Alfiah. Hadis Tarbawiy: Pendidikan Islam Tinjauan Hadis Nabi. Pekanbaru: Al Mujtahadah Press, 2010.

Al-Qattan, Manna Khalil. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Bogor: Pustaka Litera Antarnusa, 2015.

Ansori. Ulumul Qur’an Kaidah-Kaidah Memahami Firman Tuhan. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Diwarta News. “Pengertian Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara.” Diakses 24 Maret 2023. https://www.diwarta.com/2012/06/14/pengertian-pendidikan-menurut-ki-hajar-dewantara.html.

Hamzah Ya’kub. Etika Islam: Pembinaan Akhlaqul Karimah. Bandung: CV. Diponegoro, t.t.

Kebudayaan, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Khalafullah, Muhammad Ahmad. Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah, Penj. Anis Maftuhkin Dan Zuhairi Misrawi. Jakarta: Paramadina, 2002.

Kuntowijoyo. Muslim Tanpa Masjid: Esai-Esai Agama, Budaya, Dan Politik Dalam Bingkai Strukturalisme Transendental. Mizan, 2001.

Machmud, Hadi. “Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Kepribadian Anak”.” Al-Tadib 7, no. 2 (2014).

Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama,2014, t.t.

Muhami, Muhammad Kamil Hasan al-. Al-Qur’an Wal Qishshah al-Haditsah. Tt: Dar al-Buhust a-Ilmiyyah, 1970.

Nata, Abuddin. Pendidikan dalam Pespektif al-Quran. Cet. 1. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.

Roqib, Moh. Filsafat Pendidikan Profetik: Pendidikan Islam integrative dalam Persfektif Kenabian Muhammad. Purwokerto: An-najah Press, 2016.

Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Shofan, Moh. Pendidikan Berparadigma Profetik. Yogyakarta: Penerbit IRCiSoD, 2004.

Siregar, Khairil Ikhsan. “Konsep Persaudaraan Sebagai Profetik Sunnah Dalam Perspektif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNJ.” Jurnal Studi Al-Qur’an 14, no. 2 (2018).

Sriyanto, Sriyanto. Nilai-Nilai Profetik Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Pemikiran Kuntowijoyo. IAIN Walisongo, 2011.

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Hanifah, U., Putri Miftahul Khoir, Ade Naelul Huda, Muhammad Adjieb Fadhil, & Rahmat Munadhir. (2023). Pesan Moral Pendidikan dalam Al-Qur’an: Kajian Profetik Al-Qur’an: Telaah Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa dalam Surat Al-Kahfi. Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 88–102. https://doi.org/10.62109/ijiat.v4i2.43

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.