Kajian Tematik Tadabbur QS. Al-Ashr
DOI:
https://doi.org/10.62109/ijiat.v4i1.34Keywords:
Al-Qur’an; tadabbur; teori.Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan tadabbur sebagai sebuah metodologi untuk mempelajari Al-Qur’an guna mengungkapkan hikmah dan petunjuk di dalamnya, sehingga dapat mengatasi tantangan kontemporer dan masalah kehidupan. Studi ini menggunakan pendekatan berbasis literatur (Library Research) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dan materi dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tadabbur, dengan berbagai pendekatannya, dapat secara mendalam mengungkap hikmah dan petunjuk Al-Qur’an. Berbeda dengan tafsir tradisional yang memerlukan seorang mufassir yang memenuhi kriteria tertentu, tadabbur dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki motivasi kuat untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an. Metode ini hanya membutuhkan kesiapan, baik secara eksternal maupun internal, untuk mendalami dan merenungkan isi Al-Qur’an. Oleh karena itu, tadabbur muncul sebagai pendekatan yang inklusif dan dapat dijangkau oleh semua orang, memberikan kesempatan bagi setiap Muslim untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang Al-Qur’an. Dengan menghilangkan hambatan yang terkait dengan tafsir formal, tadabbur memungkinkan interaksi yang lebih pribadi dan mendalam dengan teks suci tersebut, mendorong keterlibatan yang lebih luas dan penghargaan yang lebih besar terhadap ajarannya. Pendekatan inklusif ini memastikan bahwa hikmah dan petunjuk Al-Qur’an dapat diakses oleh semua orang, memperkuat hubungan dan pemahaman yang lebih dalam di antara para pembacanya.
Abstract
This article aims to recognize tadabbur as a methodology in studying the Qur'an to reveal the wisdom and guidance contained therein. In order to be able to answer contemporary challenges and problems of life. This discussion is classified as a discussion of literature (Library Research) with qualitative descriptive analysis techniques by collecting data or materials related to the theme of the discussion studied from library sources. The results of this discussion show that tadabbur with its various approaches can reveal the wisdom and guidance of the Qur'an, which is easier for anyone who has a strong motivation to interact with it. It is different from the interpretation which has strict requirements to become a mufassir, tadabbur has no requirements except for preparing oneself physically and mentally to dive into the sea of the Qur'an.
References
Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail. Beirut: Daar Touq Najat, 1422h.
Al-Husain, Ahmad bin Faris. Mu’jamul lughoh. Beirut: Muassasah Ar-Risalah, 1986
Al-Lausi, Syihabuddin Mahmud. Ruuhul ma’ani fit tafsir Qur’an Al-Adzhim. Beirut: Daar kutub Al-Alamiyyah, 2010.
Al-Lahim, Khalid ibn ‘Abd al-Karim. Mafatih Tadabbur Al-Qur’an wa al-Najah fi al-Tadabbur fi al-Hayah. Riyadh: Mataba’ah safir, 2004.
As-Suyuthi, Jalaluddin. al-Itqan Fi Ulum al-Quran. Mesir: Hai’ah mishry, 2010.
Al-Wahhab, Syeikh al-Islam al-Imam Muhammad. Tsalatsatul Ushul. Riyadh: Jami’ah Imam Muhammad bin Su’ud, 1431H.
Alu Syaikh, Abdul Aziz bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul Lathif. Lubabut Tafsir Min Ibn Katsir. Jakarta: Tim Pustaka Imam Syafi’I, 2019.
Ath-Thabari, Muhammad bin Jarir bin Yazid. Jami’ul Bayaan an Ta’wil. Makkad: Daarul Tarbiyah,
Al-Ashimi, ‘Abdurrahman Al-qosim. Tafsir Al-Qur’an. Beirut: Daar ibn Hazm, 1996.
Al-Baghowi, Al-Husain bin Mas’ud. At-tafsir Al-baghowi. Kairo: Daarut At-Thaibah, 1997.
Al-‘Adawi, Musthofa. At-Tashil li Ta’wil At-Tanzil – Juz’u A’mma.
Al-Jauziyah, Ibnu Qoyyim. Al-Jawab Al-Kaafi. Maroko: Dar Ma’rifah, 1997.
Al-Jauziyah, Ibnu Qoyyim, Al-Fawaid. Beirut: Dar Kutub Alamiyyah, 1973.
https://muslim.or.id/12751-sekilas-keutamaan-surat-al-ashr.html, Diakses pada 23 Desember 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Akmal Diansyah, Subarkah Yudi Waskito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal License
Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir is licensed uder Creative Commons Attribution 4.0 International License