Karakterisrik Term Al-Ta’lim, Al-Tarbiyah, dan Al-Tazkiyah dalam al-Qur’an

Authors

  • Ghozi Mubarok UNIA Prenduan, Jawa Timur, Indonesia
  • Mohammad Zakin Mamduh UNIA Prenduan, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62109/ijiat.v5i2.101

Keywords:

Al-Ta'lim, Al-Tarbiyah, Al-Tazkiyah, Pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses penanaman nilai-nilai kehidupan ke dalam diri seseorang. Islam setidaknya memperkenalkan istilah pendidikan dalam merujuk ke beberapa istilah yaitu Al-Ta'lim, Al-Tarbiyah, dan Al-Tazkiyah. Ketiga istilah tersebut memiliki makna yang berbeda, namun istilah al-Tarbiyah merupakan istilah yang paling umum digunakan dalam praktik pendidikan. Secara keseluruhan, Al-Ta'lim, Al-Tarbiyah, dan Al-Tazkiyah merupakan elemen-elemen pendidikan yang saling mendukung dalam kerangka pendidikan Islam. Ketika suatu pendidikan difokuskan kepada al-Tazkiyah (Pensucian), pengajaran (Al-Ta’lim) menjadi sarana untuk memperoleh ilmu yang kemudian harus dipahami, dihayati, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudia agar ilmu ini benar-benar melekat dan menjadi bagian dari kepribadian seseorang, diperlukan bimbingan dan pembinaan yang menyeluruh melalui Al-Tarbiyah (pendidikan). Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi pustaka dengan analisis konten dan deskriptif terhadap berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Ta'lim, Al-Tarbiyah, dan Al-Tazkiyah merupakan elemen-elemen yang membentuk kerangka proses pendidikan yang lengkap dan integral, yang bertujuan untuk menciptakan individu yang berpengetahuan luas, berkarakter mulia, dan beradab dalam setiap aspek kehidupannya.

Abstract

Education is a process of instilling life values ​​into a person. Islam at least introduced the term education in referring to several terms, namely Al-Ta'lim, Al-Tarbiyah, and Al-Tazkiyah. These three terms have different meanings, but the term al-Tarbiyah is the term most commonly used in educational practice. Overall, Al-Ta'lim, Al-Tarbiyah, and Al-Tazkiyah are educational elements that support each other within the framework of Islamic education. When education is focused on al-Tazkiyah (Purification), teaching (Al-Ta'lim) becomes a means of acquiring knowledge which must then be understood, internalized and put into practice in everyday life. Then, for this knowledge to truly stick and become part of a person's personality, comprehensive guidance and coaching through Al-Tarbiyah (education) is needed. The method used in this research is a literature study with content and descriptive analysis of various sources. The research results show that Al-Ta'lim, Al-Tarbiyah, and Al-Tazkiyah are elements that form a complete and integral educational process framework, which aims to create individuals who are knowledgeable, have noble character, and are civilized in every aspect of his life.

References

Afroni, Sihabuddin. “TERMINOLOGI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN.” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 4, no. 02 (December 10, 2019): 174–97. https://doi.org/10.30868/at.v4i02.597.

Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir Aqidah-Syariah-Manhaj. Terjemahan Jilid 1. Jakarta: Gema Insani, 2013.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahanya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2007.

Didipu, Ismanto. Bunga Rampai Pentingnya Pendidikan. Cv. Athra Samudra, 2020.

Efendi. Pendidikan Islam Transformatif ala KH.Abdurrahman Wahid. GUEPEDIA, 2016.

Frarera, Andre Nova. “KONSEP TARBIYAH, TA’LIM DAN TA’DIB DALAM DUNIA PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Al-Fatih 6, no. 1 (June 26, 2023): 91–108.

Ihsanudin, Nurwahid. “PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADITS; Kajian Konsep al-Tarbiyah, al-Ta´lim, al-Ta´dib Dan al-Tazkiyah.” Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 17, no. 2 (2022): 795–803. https://doi.org/10.55558/alihda.v17i2.74.

Isnawati, Husni Fachri, and Muhammad Sapii Harahap. “Makna Pendidikan Melalui Konsep Ta’lim Dalam al-Qur’an.” Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan 13, no. 1 (March 1, 2023).

Jamil, Jumrah. KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA, KH. ABDULLAH SYAFI’I, AHMAD TAFSIR, JALALUDDIN RAKHMAT DAN BUYA HAMKA. Cv. Azka Pustaka, 2023.

Kasir, Ibnu. Tafsir Al-Quran al-‘Adzim. 1st ed. Kairo: Dar al-Taufiqiyah li al Turots, 2009.

Nata, Abuddin. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Prenada Media, 2016.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan Dan Keserasian al-Qur’an. Vol. 14. Lentera Hati, n.d.

Shihab, M. Quraish, and Muhammad Quraish Shihab. Surah al-Fâtihah, Surah al-Baqarah. Cetakan V. Tafsîr Al-Mishbâẖ : Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qurʾan / M. Quraish Shihab 1. Jakarta: Lentera Haiti, 2012.

Yuliani, Tri. Filsafat Pendidikan Islam Telaah Konsep dan Aplikasi. Cv. Azka Pustaka, 2022.

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Mubarok, G., & Mohammad Zakin Mamduh. (2024). Karakterisrik Term Al-Ta’lim, Al-Tarbiyah, dan Al-Tazkiyah dalam al-Qur’an. Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(2), 70–82. https://doi.org/10.62109/ijiat.v5i2.101